Kegiatan Apa Yang Bisa Dilakukan Saat #DirumahAja

#dirumahaja
I'm back...
Setelah beberapa waktu berhibernasi, karena kejadian yang tidak terduga terjadi belum lama ini. Salah satunya yang lagi ramai diberitakan yaitu Corona Virus.
Virus Corona
Corona Virus
Virus korona (COVID-19) ini mulanya terjadi di Wuhan, dan sekarang telah menginfeksi ke seluruh dunia bahkan di Indonesia. Di tengah situasi yang penuh ketidakpastian ini yang juga berdampak pada pola kehidupan saat ini. Belum lagi himbaun pemerintah akan pembatasan sosial (social distancing) membuat warga Indonesia beraktifitas dirumah.
Social Distancing
Sebagai makhluk sosial yang terbiasa memiliki kegiatan di luar rumah, hal ini dirasa tidak mudah. Terutama jika kamu termasuk golongan dengan kepribadian ekstrovert, dirumah berhari -hari pasti terasa sangat membosankan. 
Meme Spongebob
Mungkin kita bisa melihat sedikit bagaimana seorang introvert menghabiskan waktunya seorang diri, agar tidak merasa bosan saat #dirumahaja. Dilansir dari catatan Kaum Introvert, berikut cara mereka menikmati waktu sehari-hari
1. Temukan hobi baru yang bisa dilakukan seorang diri
Logika atau Seni
Jika biasanya kita biasa menghabiskan waktu dengan nongkrong, berpesta, nonton konser musik, dsb. Kita bisa mencoba hobi baru lain yang bisa dilakukan seorang diri. Banyak hal yang bisa dilakukan seorang diri. Misalnya membaca, bermain game, menulis, mengambar, bersih-bersih rumah atau sekedar internetan. 
2. Nonton Drama Korea untuk mengisi waktu luangmu.
Nonton Drama Korea
Drama Korea bisa dijadikan alternatif saat #dirumahaja. Saat ini banyak genre drama korea seru yang bisa jadi list tontonanmu. Mulai dari romantis, komedi, fantasy, thiller, dsb. 
Drama Ongoing
Drama Korea Tahun 2020
Binggung mau nonton drama korea apa cek aja di blog KpopDramaZone pada Label Review untuk tau sinopsis drama korea yang recommended dan OnGoing saat ini.
3. Belajar Bahasa Asing
Bahasa Asing
Walaupun sudah banyak aplikasi penerjemah yang memiliki akurasi ketepatan bahasa baik, namun terkadang kita dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita berbicara dalam bahasa lain. Belum lagi jika kamu punya cita-cita ingin keliling dunia, dimana bahasa sehari-hari yang digunakan bukan lagi bahasa Indonesia. Waduh..
Lirik lagu
Lirik lagu Korea yang diterjemahkan
Jadi ga ada salahnya ya belajar bahasa asing. Buat yang suka K-POP, lebih seru lagi saat dengerin musik K-POP kalau bisa tau arti dari lagu tersebut. 
4. Asah skill atau kemampuanmu
Pentingnya Skill
Perkembangan teknologi yang semakin maju secara tidak langsung menuntut setiap individu harus mempunyai skill yang diperlukan saat ini. Hal ini didasari oleh kemudahan akses teknologi yang berimbas sulitnya mencari lapangan pekerjaan.
Skill berguna pada tahun 2020
skill yang diperlukan saat ini
Untuk itu, perlu sekali mengasah skill kita atau mencoba skill baru yang nantinya dapat berguna dimasa depan. Momen #dirumahaja sangat cocok untuk melatih dan belajar skill, karena kegiatan kita yang tidak terlalu banyak. 
Jika belajar sendiri dirasa kurang terarah, bisa manfaatkan teknologi untuk mencari tutor online (kursus online) yang dapat menambah skill kalian.
5. Coba kegiatan berkebun
Ayo Berkebun
Masih bosan #dirumahaja? Coba kegiatan berkebun dirumah. Berkebun bisa dijadikan alternatif kegiatan  saat #dirumahaja.
Tanaman dalam pot
buah dan sayuran yang dapat ditanam dalam pot
Tanam tanaman buah dan sayur yang bisa tumbuh di dalam pot. Seperti Jeruk, Anggur, Tomat, Cabe, Daun bawang, dsb. Selain bisa menjadi hobi baru, buah dan sayur yang ditanam bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi kala krisis datang.
5. Jangan cuma makan & tidur saja, lakukan olahraga
Olahraga
Agar tubuh tetap sehat dan bugar dan tidak terserang penyakit, penting untuk tetap berolahraga walaupun #dirumahaja. Sekarang ini sudah banyak alat fitness portabel yang bisa dipakai di dalam rumah.
Olahraga Indoor
olahraga di dalam rumah
Jika membeli alat fitness dirasa sangat mahal, cukup berlari-lari kecil di dalam rumah atau sekedar senam lantai seperti SitUp, PushUp, dsb yang tidak perlu memakan banyak ruang. Sesekali berjemur dipagi hari, agar tubuh tidak kekurangan antibodi baik yang bisa bikin kita tetap sehat 
Gaya artis berjemur
gaya artis saat berjemur
#dirumahaja bukan jadi alasan tidak bisa berolahraga ya..
6. Bagi momen berhargamu secara lewati live streaming
Live streaming
Belum lama ini salah satu member "Super Junior" Eunhyuk yang sedang berulang tahun mengadakan pesta ulang tahunnya secara online loh..
#HappyEunhyukDay
Perayaan Ulang Tahun Online Eunhyuk
Hal ini dilakukan untuk menyapa penggemarnya dan sekaligus berbagi kebahagian di tengah perayaan hari kelahirannya. Buat kalian yang #dirumahaja dan terbiasa berinteraksi dengan banyak orang, cara yang dilakukan Eunhyuk ini mungkin bisa dicoba ya.


Aktivitas produktif #dirumahaja
Dan masih banyak lagi kegiatan lainnya yang bisa dilakukan saat #dirumahaja. Ada yang mau nambahin? Comment dibawah ya.
Mungkin terasa sulit diawal, namun jika ada kemauan dan sedikit usaha pasti bisa.
Tetap jaga kesehatan dan kewaspadaan ya.
See You Next Time

Comments